Jumat, 19 Juni 2009

LKS 1 Fisika kelas X SMAN 1 SAPE

LEMBAR KEGIATAN SISWA ( LKS )

LKS-01/ FIS/X-1/08

Judul : Angka penting

Kelas/Semester : X/ I

Waktu : 2 X 45 mnt

Metode : Eksperimen

Tempat : Ruang Kelas/ Lab

I . Petunjuk Belajar :

v Baca secara cermat petunjuk sebelum melakukan kegiatan

v Baca buku-buku fisika SMA Kelas X yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman anda.

v Lakukan percobaan sesuai dengan langkah-lanngkah yang ditentukan

v Minta petunnjuk pada pembimbing jika menemui kesulitan

II. Kompetensi yang akan dicapai :

Mengukur besaran Fisika dan melakukan operasi bilangan berdasarkan angka penting

III. Indikator :

Melakukan operasi bilangan

dengan angka penting

IV. ALAT DAN BAHAN :

- Mistar dengan Skala Cm….1 buah

- Mistar dengan Skala mm….1 buah

- Potongan benda yang akan diukur

V. INFORMASI PENDUKUNG :

v Dalam melakukan pengukuran besaran-besaran fisika akan diperoleh sederetan angka-angka, angka - angka tersebut ada yang bersifat pasti dan ada yang bersifat taksiran /diragukan ( satu angka terakhir) . Angka- angka yang diperoleh dari hasil pengukuran seperti ini disebut angka penting

v Banyaknya angka penting dari hasil pengukuran tergantung dari tingkat ketelitian alat ukur, makin teliti alat ukurnya makin banyak jumlah angka penting dari hasil pengukuran tersebut.

v Operasi penjumlahan dengan angka penting aturannya sama dengan operasi pengurangan, sedangkan operasi perkalian dengan angka penting aturannya sama dengan operasi pembagian.

VI. KEGIATAN :

  1. Ukurlah panjang potongan benda dengan kedua mistar di atas,
  2. Masukkan data hasil pengukuran pada tabel di samping ( tabel I )

Informasi:

Angka-angka pada kolom:

a. d isebut angka pasti

b. disebut angka taksiran( sering diberi garis di bawahnya)

c. disebut angka penting

  1. Dari informasi di atas, Jelaskan apa yang dimaksud dengan angka penting?
  2. Dari tabel , bagaiman hubungan antara banyaknya angka penting dengan alat ukur yang digunakan?
  3. Berikut diberikan tabel data yang sudah dilengkapi ( Tabel II )
  4. Pelajarilah dengan teliti contoh pada tabe II sehingga anda dapat menemukan aturan penulisan angka penting
  5. Lengkapilah tabel berikut ( Tabel III )

TABEL I

Alat Ukur

Angka yg terbaca pada skala

Angka yg melbh skala

Hasil pengkrn

Mistar dgn skala Cm

Mistar dgn skala mm

TABEL II

Besaran yang diukur

Hasil pengkrn

B. A. pentg

Notasi Ilmiah

( a x 10n )

Ordo besaran

Panjang meja

Diameter tabung

Massa bola besi

Kec. pesawat

1,50 m

3,250 mm

20,02 kg

200 ms-1

3

4

4

1

1,5 x 102 cm

3,250 x 10 mm

2,002 x 104 gr

2 x 102 ms-1

102

10

104

102


TABEL III

Besaran yang diukur

Hasil pengkrn

B. A. pentg

Notasi Ilmiah ( a x 10n )

Ordo besaran

Volume air

Massa jenis air

Luas penampang kawat

Tinggi badan

12,5 Cm3

1000 kg/ m3

0,008 m2

170,02 Cm

………………..

………………..

………………..

………………..

………………..

………………..

………………..

………………..

………………..

………………..

………………..

………………..


VII. PENILAIAN

A. Ranah Kognitif

1. Dalam pengukuran massa dua buah benda, diperoleh pengamatan sebagai berikut:

Massa A = 1,4 gram

Massa B = 165,4 gram

Tentukan :

a. Jumlah massa A dan B

b. Selisih massa A dan B

2. Dalam pengukuran didapatkan hasil-hasil sbb:

Panjang = 124,3 mm

Lebar = 12,6 mm

Tentukan :

a. Luas kertas

b. Keliling kertas

B. Ranah Psikomotor

No

Aspek yang dinilai

Skor

Ket

1

Menggunakan alat ukur

4 = sangat tepat

3 = tepat

2 = kurang tepat

1 = tidak tepat

2

Membaca hasil pengukuran

Jumlah skor

C. Ranah Afektif

No

Aspek yg dinilai

Skor

Keterangan

1

Kehdrn di kelas / Lab

4 = sangat tepat/

sangat baik

3 = tepat/ baik

2 = kurang tepat/

kurang baik

1 = tidak tepat/tidak

baik

2

Ketepatan. Waktu mengumpulkan tugas

3

Kelengkapan buku

4

Partisipasi dlm kegiatan

5

Kerapian laporan

6

Etika dalam menyampaikan pendapat

Jumlah Skor

tgl Pelaksanaan

Catatan Guru

Paraf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar