BAB V
PENUTUP
5.1 Simpulan
Dari hasil yang dilakukan penulis berkesimpulan sebagai berikut :
5.1.1 Diperlukan uapaya menemukan pendekatan dan metode yang berhasil guna dan bermanfaat guna, dengan demikian diadakan perubahan pendekatan dan metode yang signifikan, sehingga siswa memiliki kemampuan dalam menyimak pesan yang terkandung dalam pidato
5.1.2 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjawab permasalahan mengenai kemampuan menyimak siswa dalam menangkap pesan pidato.
5.1.3 Kelemahan PBM dalam keterampilan menyimak terletak pada sejauh mana kekuatan daya simak siswa.
5.1.4 Dengan melakukan tindakan pelatihan berpidato demi penajaman daya simak siswa, maka dari hasil penelitian siklus pertama menunjukkan angka 49 % untuk pencapaian klasikal dan 28 % untuk jumlah siswa yang mendapat nilai standar minimal meningkat pada Siklus II yang mencapai angka 63 % untuk pencapaian klasikal dan 69 % untuk siswa yang tuntas belajar. Sedangkan Siklus III yang merupakan pelaksanaan tindakan akhir hasilnya menunjukkan tujuan pembelajaran pada umumnya dan tujuan penelitian pada khususnya yaitu mencapai angka 75 % untuk pencapaian klasikal dan 85 % untuk siswa tuntas belajar atau mendapat nilai standar minimal ke atas.
5.2 Saran
Adapun saran yang diketengahkan di sini antara lain sebagai berikut:
5.2.1 Hasil PTK ini digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pendekatan dan metode pembalajaran yang ingin diterapkan, terutama guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.
5.2.2 Diharapkan kepada siswa agar memanfaatkan potensi dalam menerapkan keterampilan menyimak terutama dalam menyimak pidato, karena pesan yang terkandung dalam pidato sangat bermanfaat bagi perkembangan kualitas pembelajaran siswa selanjutnya.
5.2.3 Dibutuhkan kreativitas guru dalam membangun kemampuan siswa dalam menyimak, terutama terkait penentuan pendekatan dan metode pembelajaran yang efektif sehingga apa yang diharapkan pada akhirnya tercapai dengan memuaskan.
Daftar Pustaka
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zainal. 2003. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran.
Bungin,M.Burhan.Prof.Dr.S.Sos,M.Si.2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Fajar Interpratama
Depdikbud. 1996. Bahan Penataran P4 Bagi Siswa Untuk SLTA. Jakarta: Dikbud.
_________. 2003.Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Diknas
_________. 2003. Standar Kompetensi Guru Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
_________. 2008. Perangkat Pembelajaran Kurikulum KTSP SMP Jakarta: Diknas.
Direktorat Pendidikan Menengah Umum. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Buku 1 : Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Dikmenum
Ganggang Usman D. 2007. Diperlukan Sentuhan Imtaq dalam Pendidikan. Kupang News.
_________. 2006. Menggugat Profesionalisme Guru. Pos Kupang
Hadi, Sutrisno. 1983. Methodologi Research, Jilid II Cetakan XXIII. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psykologi UGM.
Husni. 2007. Guru Pahlawan Tanpa Harga. Suara Mandiri: Bima.
. Poerwadarminta, WJS. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Tarigan,Hendri,Guntur.1984. Menyimak sebagai Sesuatu Keterampilan.Angkasa:Bandung.
Santoso, Singgih. 2001. Mengolah Data Statistik secara Profesional. Jakarta: Gramedia
Sudijono, Anas, Drs. 1996. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono, Prof. Dr. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
_________. 1988. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Tarigan,Djago,Drs.M.Pd. 1997.Kependidikan KeterampilanBerbahasa.Depdikbud:UT
Trimansyah,Bambang.dkk.1999.Belajar Bahasa Indonesia untuk SLTP Kelas 3.Jakarta.
Undang-Undang Republik
.
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Soal pada Tes Awal
Lampiran 2 Soal PostTes Siklus Pertama
Lampiran 3 Soal Post Test pada Siklus Kedua
Lampiran 4 Soal Post Tes Siklus Ketiga
Lampiran 5 Jadwal Kegiatan PTK
Lampiran 6 Rincian Tugas Tim Peneliti
Lampiran 7 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Lampiran 1
Soal pada Tes Awal
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat , jelas, dan benar!
- Jelaskan pengertian : a.Menyimak
b. Pidato
2 Tulislah tujuan seseorang dalam menyimak!
3. Sebutkan jenis-jenis menyimak!
4. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadi hambatan dalam menyimak?
5. Apa hubungan antara menyimak dan berbicara?
6. Apa perbedaan metode naskah dengan metode ekstemporan?
7. Apa yang menyebabkan terjadinya hambatan dalam berpidato?
8. Apa saja isi pidato temanmu di depan tadi?
Lasmpiran 2
Soal pada Siklus Pertama
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan baik dan benar!
- Susunlah sebuah naskah pidato dengan judul Peranan Generasi Muda dalam Pembangunan!
- Pidatokan di depan teman-temanmu!
- Tulislah 5 isi pidato tersebut!
- Berdasarkan isinya, pidato tersebut tergolong jenis pidato apa!
- Berilah komentar kamu terhadap temanmu yang berpidato!
Lampiran 3
Soal pada Siklus Kedua
Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
- Tulislah sistematika pidato yang benar!
- Sebutkan enam hal yang perlu diperhatikan dalam berpidato!
- Apa tujuan menyimak pidato!
- Mengapa seseorang tidak berhasil dalam melakukan berpidato!
- Tulislah hubungan antara menyimak dengan berbicara dalam hal ini berpidato!
.
Lampiran 4
Soal pada Siklus III
Kerjakan soal berikut ini dengan baik dan benar!
- Susunanlah kerangka berpidato dengan judul : Merokok Merusakan Kesehatan!
- Lengkapilah naskah tersebut sehingga menjadi naskah utuh!
- Pidatokanlah di depan temanmu dan yang lain menyimak dengan baik!
- Apa saja isi pidato temanmu itu!
- Laporkan hasil simakanmu di depan teman-temanmu!
Lampiran 5
Lampiran 5
Jadwal Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas
No | Uraian Kegiatan | Bulan | |||||||||||
Februari | Maret | April | |||||||||||
I | II | III | IV | I | II | III | IV | I | II | III | IV | ||
1 2 3 4 5 6 | Perencanaan Persiapan 1.Identifikasi Masalah 2. Penyusunan Proposal 3.pengajuan Proposal 4.Presentasi Proposal Pelaksanan Penelitian Penyusunan Laporan Hasil Penelitian Refleksi Pengiriman Hasil Penelitian | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | X | |
PEMERINTAH KABUPATEN BIMA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SAPE
SMP NEGERI 4 SAPE
JL.SANGIA SAPE
SURAT KETERANGAN
NOMOR:
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SMP Negeri 4 Sape, menyatakan bahwa:
Nama : Zaenab Alboneh, S.Pd.
NIP :
Pekerjaan : Guru
Alamat : Rasabou Sape
Memang benar bahwa yang bersangkutan telah mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) , mulai bulan Februari 2009 sampai bulan April 2009 dengan judul penelitian : Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Sape.
Demikian surat keterangan ini kami buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Sape, 10 April 2009
Kepala SMP Negeri 4 Sape,
Amiruddin,S.Pd.Fis
NIP:1970 01021994011001
sangant membantu...
BalasHapus