LEMBAR KEGIATAN SISWA ( LKS )
LKS-01/ FIS/X-1/08
Judul : Angka penting
Kelas/Semester : X/ I
Waktu : 2 X 45 mnt
Metode : Eksperimen
Tempat : Ruang Kelas/ Lab
I . Petunjuk Belajar :
v Baca secara cermat petunjuk sebelum melakukan kegiatan
v Baca buku-buku fisika SMA Kelas X yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman anda.
v Lakukan percobaan sesuai dengan langkah-lanngkah yang ditentukan
v Minta petunnjuk pada pembimbing jika menemui kesulitan
II. Kompetensi yang akan dicapai :
Mengukur besaran Fisika dan melakukan operasi bilangan berdasarkan angka penting
III. Indikator :
Melakukan operasi bilangan
dengan angka penting
IV. ALAT DAN BAHAN :
- Mistar dengan Skala Cm….1 buah
- Mistar dengan Skala mm….1 buah
- Potongan benda yang akan diukur
V. INFORMASI PENDUKUNG :
v Dalam melakukan pengukuran besaran-besaran fisika akan diperoleh sederetan angka-angka, angka - angka tersebut ada yang bersifat pasti dan ada yang bersifat taksiran /diragukan ( satu angka terakhir) . Angka- angka yang diperoleh dari hasil pengukuran seperti ini disebut angka penting
v Banyaknya angka penting dari hasil pengukuran tergantung dari tingkat ketelitian alat ukur, makin teliti alat ukurnya makin banyak jumlah angka penting dari hasil pengukuran tersebut.
v Operasi penjumlahan dengan angka penting aturannya sama dengan operasi pengurangan, sedangkan operasi perkalian dengan angka penting aturannya sama dengan operasi pembagian.
VI. KEGIATAN :
- Ukurlah panjang potongan benda dengan kedua mistar di atas,
- Masukkan data hasil pengukuran pada tabel di samping ( tabel I )
Informasi:
Angka-angka pada kolom:
a. d isebut angka pasti
b. disebut angka taksiran( sering diberi garis di bawahnya)
c. disebut angka penting
- Dari informasi di atas, Jelaskan apa yang dimaksud dengan angka penting?
- Dari tabel , bagaiman hubungan antara banyaknya angka penting dengan alat ukur yang digunakan?
- Berikut diberikan tabel data yang sudah dilengkapi ( Tabel II )
- Pelajarilah dengan teliti contoh pada tabe II sehingga anda dapat menemukan aturan penulisan angka penting
- Lengkapilah tabel berikut ( Tabel III )
TABEL I
Alat Ukur | Angka yg terbaca pada skala | Angka yg melbh skala | Hasil pengkrn |
Mistar dgn skala Cm | | | |
Mistar dgn skala mm | | | |
Besaran yang diukur | Hasil pengkrn | B. A. pentg | Notasi Ilmiah ( a x 10n ) | Ordo besaran |
Panjang meja Diameter tabung Massa bola besi Kec. pesawat | 1,50 m 3,250 mm 20,02 kg 200 ms-1 | 3 4 4 1 | 1,5 x 102 cm 3,250 x 10 mm 2,002 x 104 gr 2 x 102 ms-1 | 102 10 104 102 |
TABEL III
Besaran yang diukur | Hasil pengkrn | B. A. pentg | Notasi Ilmiah ( a x 10n ) | Ordo besaran |
Volume air Luas penampang kawat Tinggi badan | 12,5 Cm3 1000 kg/ m3 0,008 m2 170,02 Cm | ……………….. ……………….. ……………….. ……………….. | ……………….. ……………….. ……………….. ……………….. | ……………….. ……………….. ……………….. ……………….. |
VII. PENILAIAN
A. Ranah Kognitif
1. Dalam pengukuran massa dua buah benda, diperoleh pengamatan sebagai berikut:
Massa A = 1,4 gram
Massa B = 165,4 gram
Tentukan :
a. Jumlah
b. Selisih
2. Dalam pengukuran didapatkan hasil-hasil sbb:
Panjang = 124,3 mm
Lebar = 12,6 mm
Tentukan :
a. Luas kertas
b. Keliling kertas
B. Ranah Psikomotor
No | Aspek yang dinilai | Skor | Ket |
1 | Menggunakan alat ukur | | 4 = sangat tepat 3 = tepat 2 = kurang tepat 1 = tidak tepat |
2 | Membaca hasil pengukuran | | |
| Jumlah skor | | |
C. Ranah Afektif
No | Aspek yg dinilai | Skor | Keterangan |
1 | Kehdrn di kelas / Lab | | 4 = sangat tepat/ sangat baik 3 = tepat/ baik 2 = kurang tepat/ kurang baik 1 = tidak tepat/tidak baik |
2 | Ketepatan. Waktu mengumpulkan tugas | | |
3 | Kelengkapan buku | | |
4 | Partisipasi dlm kegiatan | | |
5 | Kerapian laporan | | |
6 | Etika dalam menyampaikan pendapat | | |
| Jumlah Skor | | |
tgl Pelaksanaan | Catatan Guru | Paraf |
| | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar