LEMBARAN KEGIATAN SISWA ( LKS )
LKS-02/ Fis/ X-1/08
Judul : Besaran dan satuan
Kelas/ Semester : X/ I
Alokasi waktu : 2 x 45 mnt
Metode : Diskusi
Tempat : Ruang Kelas
I .Petunjuk belajar:
a. Baca secara cermat petunjuk sebelum melakukan kegiatan
b. Baca buku-buku fisika SMA Kelas X yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman anda.
c. Tanyakan pada pembimbing jika ada hal-hal yang kurang jelas
II. Kompetensi yang akan dicapai :
Membedakan besaran pokok dengan besaran turunan beserta satuannya
III. Indikator :
Mendata besaran-besaran fisika yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
IV. Alat / Sumber :
- Buku Fisika Kelas X
- LKS-02/ Fis/X-1/ 08
V. INFORMASI PENDUKUNG :
v Sistem satuan yang digunakan pada umumnya adalah sistem metrik yang dikenal sebagai meter, kilogram, dan sekon ( yang disingkat MKS ) dan sistem Inggris yang dikenal sebagai foot, pound, dan second( yang disingkat FPS ).
v Ketetapan Sistem Internasional meliputi :
Ø Terdapat sekelompok besaran yang dinamakan besaran pokok dan satuannya ditetapkan lebih dahulu
Ø Untuk menyatakan besar atau kecilnya suatu besaran maka pada satuan dari besaran tersebut diberikan awalan prefik
Ø Besaran-besaran yang tidak termasuk besaran pokok disebut besaran turunan.
VI. KEGIATAN :
- Data besaran-besaran yang sudah anda kenal dalam kehidupan sehari-hari
- Tuliskan besaran dan satuannya kedalam tabel I
- Dari data yang ada pada tabel I, bedakan mana yang termasuk besaran pokok dan mana besaran turunan kemudian isi kedalam tabel II.
TABEL I.
No | Nama Besaran | Nama Satuan |
1 2 3 4 5 6 7 8 | ………………… ………………… ………………… ………………… ………………… ………………… ………………… ………………… | …………….. ……………. ……………. …………… ……………. ……………. ……………. ……………. |
TABEL II.
No | Besaran Pokok | Besaran Turunan |
1 2 3 4 5 6 7 | ……………….. ………………. ………………. ………………. ………………. ………………. ………………. | ……………………. ……………………. ……………………. ……………………. …………………… ……………………. …………………… |
VII. PENILAIAN
A. Ranah Kognitif
Tuliskan satuan dari besaran-besaran turunan di bawah ini!
a. Luas = panjang x lebar
Kecepatan =
b.
c. Tekanan =
d. Daya =
e. Usaha =
f. Momentum =
B. Ranah Afektif
No | Aspek yg dinilai | Skor | Keterangan |
1 | Kehadiran di kelas | | 4 = sangat tepat/ sangat baik 3 = tepat/ baik 2 = kurang tepat/ kurang baik 1 = tidak tepat/tidak baik |
2 | Ketepatan. Waktu mengumpulkan tugas | | |
3 | Kelengkapan buku | | |
4 | Partisipasi dlm kelompok | | |
5 | Kerapian laporan | | |
6 | Etika dalam menyampaikan pendapat | | |
| Jumlah Skor | | |
Tgl .pelaksanaan | Catatan Guru | Paraf |
| | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar