Sekolah : SMAN 1 Sape
Program : Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi Perjuangan Bangsa sejak masa
Proklamasi sampai Reformasi
Kompetensi Dasar : 1.1. Merekonstruksi Perkembangan masyarakat Indonesia
pada masa Orde Baru
Indikator : - Menjelaskan latar belakang lahirnya Orde Baru
- Menjelaskan hubungan Supersemar dengan
lahirnya Orde Baru
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan latar belakang lahirnya Orde Baru
• Menjelaskan hubungan Supersemar dengan lahirnya Orde Baru
B. Materi Pembelajaran
• Latar belakang lahirnya Orde Baru
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya Jawab dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar
mengenai lahirnya organisasi PKI di Indonesia
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan tentang pemberontakan G 30 S/PKI, Supersemar dan lahirnya
Orde baru
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS
• Buku sumber Sejarah SMA XII IPS
• Peta konsep
• Power point
• Buku-buku penunjang yang relevan
• Internet
F. Penilaian
• Ceritakan Kronologi singkat dari peristiwa Pemberontakan G 30 S/PKI di
Indonesia
• Jelaskan Latar belakang lahirnya Orde Baru
• Sebutkan 2 Isi Supersemar
Mengetahui, Sape...............................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Adhamuddin HA Drs. Budiaman.
NIP. 19531207 197703 1 006 NIP. 19691224 1999403 1 005
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMAN 1 Sape
Program : Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi Perjuangan Bangsa sejak masa
Proklamasi sampai Reformasi
Kompetensi Dasar : 1.1. Merekonstruksi Perkembangan masyarakat Indonesia
pada masa Orde Baru
Indikator : - Menjelaskan pengertian Orde Baru
- Menjelaskan perkembangan kekuasaan Orde Baru pada masa kepemimpinan Soeharto
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan pengertian Orde Baru
• Menjelaskan perkembangan kekuasaan orde baru pada masa Soeharto
B. Materi Pembelajaran
• Perkembangan Kekuasaan Orde Baru
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menjelaskan secara garis besar tentang hakikat lahirnya Orde Baru
2. Kegiatan Inti
• Siswa diberi tugas untuk menjelaskan program pemerintah Orde Baru
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPA
• Buku sumber Sejarah SMA XII IPA
• Peta konsep
• Power point
• Buku-buku penunjang yang relevan
• Internet
F. Penilaian
• Jelaskan pengertian Orde baru
• Menyebutkan 3 isi Tritura
• Menyebutkan 4 upaya yang dilakukan awal pemerintahan Soeharto
Mengetahui, Sape...............................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Adhamuddin HA.. Drs. Budiaman.
NIP. 19531207 197703 1 006 NIP. 19691224 1999403 1 005
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMAN 1 Sape
Program : Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi Perjuangan Bangsa sejak masa
Proklamasi sampai Reformasi
Kompetensi Dasar : 1.1. Merekonstruksi Perkembangan masyarakat Indonesia
pada masa Orde Baru
Indikator : - Menjelaskan Trilogi Pembangunan
- Menjelaskan 8 jalur pemerataan
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan Trilogi Pembangunan
• Menjelaskan 8 Jalur Pemerataan
B. Materi Pembelajaran
• Kebijakan Pemerintah Orde Baru
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan membahas tentang pelaksanaan pembangunan Nasional jangka panjang
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru dan siswa bertanya jawab tentang Trilogi Pembangunan dan 8 Jalur Pemerataan
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPA
• Buku sumber Sejarah SMA XII IPA
• Peta konsep
• Power point
• Buku-buku penunjang yang relevan
• Internet
F. Penilaian
- Sebutkan isi Trilogi Pembangunan
- Jelaskan tentang isi 8 jalur pemerataan
Mengetahui, Sape...............................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Adhamuddin HA.. Drs. Budiaman.
NIP. 19531207 197703 1 006 NIP. 19691224 1999403 1 005
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMAN 1 Sape
Program : Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi Perjuangan Bangsa sejak masa
Proklamasi sampai Reformasi
Kompetensi Dasar : 1.1. Merekonstruksi Perkembangan masyarakat Indonesia
pada masa Orde Baru
Indikator : - Menjelaskan perubahan yang dicapai pada masa
Soeharto
- Menjelaskan tugas Kabinet Ampera
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Mendapatkan informasi tentang perubahan yang dicapai pada masa Soeharto
• Dapet menjelaskan tugas kabinet Ampera
B. Materi Pembelajaran
• Proses Menguatnya Peran Negara Pada Masa Orde Baru
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan tanya Jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menanyakan pada siswa tentang tahap-tahap pembangunan pada masa Soeharto
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang Tugas dan program Kabinet Ampera
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPA
• Buku sumber Sejarah SMA XII IPA
• Peta konsep
• Power point
• Buku-buku penunjang yang relevan
• Internet
F. Penilaian
• Jelaskan Tugas Kabinet Ampera
• Sebutkan 4 Program Kabinet Ampera..
Mengetahui, Sape...............................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Adhamuddin HA.. Drs. Budiaman.
NIP. 19531207 197703 1 006 NIP. 19691224 1999403 1 005
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMAN 1 Sape
Program : Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi Perjuangan Bangsa sejak masa
Proklamasi sampai Reformasi
Kompetensi Dasar : 1.1. Merekonstruksi Perkembangan masyarakat Indonesia
pada masa Orde Baru
Indikator : - Menjelaskan faktor yang mempengaruhi timbulnya
Interaksi kota menurut Edward Ullman
- Membedakan teori sentral dan teori kutub pertumbuhan
mengenai pusat pertumbuhan di Indonesia pada masa
Orde Baru
- Menjelaskan dampak Revolusi Hijau dan Industrialisasi
terhadap perubahan teknologi dan lingkungan
- Menjelaskan upaya peningkatan pertanian melalui
Panca Usaha Tani
- Menjelaskan Perkembangan Revolusi Hijau di
Indonesia
- Membedakan perkembangan Industri pertanian dan non
pertanian
Alokasi Waktu : 6x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Mendapatkan iformasi tentang : Pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia, Revolusi Hijau, Panca Usaha Tani, dan Perkembangan Industri Pertanian dan non Pertanian
B. Materi Pembelajaran
• Proses Pertumbuhan dan mobilitas Penduduk pada masa Orde Baru
• Dampak Revolusi Hijau dan Idustrialisasi terhadap perubahan Teknologi dan lingkungan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru membuka pembelajaran tentang pertumbuhan dan mobilitas penduduk
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru memberikan tugas kepada siswa tentang pertumbuhan dan mobilitas penduduk
• Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa.
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPA
• Buku sumber Sejarah SMA XII IPA
• Peta konsep
• Power point
• Buku-buku penunjang yang relevan
• Internet
F. Penilaian
• Evaluasi pilihan ganda 10 nomor dalam buku Sejarah kelas XII SMA IPA
Mengetahui, Sape...............................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Adhamuddin HA.. Drs. Budiaman.
NIP. 19531207 197703 1 006 NIP. 19691224 1999403 1 005
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMAN 1 Sape
Program : Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Merekonstruksi Perjuangan Bangsa sejak masa
Proklamasi sampai Reformasi
Kompetensi Dasar : 1.1. Merekonstruksi Perkembangan masyarakat Indonesia
pada masa Reformasi
Indikator : - Menjelaskan latar belakang lahirnya reformasi di
Indonesia
- Menjelaskan Perkembangan Politik setelah 21 Mei
1998
- Menjelaskan situasi politik dan ekonomi di Indonesia
pada masa BJ. Habibie
- Menjelaskan Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di
Indonesia sejak reformasi
Alokasi Waktu : 3x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Mendapatkan informasi tentang Pergolakan politik di Indonesia pasca Reformasi
• Mendapatkan informasi tentang situasi politik dan ekonomi di Indonesia stelah reformasi.
B. Materi Pembelajaran
• Perkembangan Politik setelah 21 Mei 1998
• Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di berbagai daerah sejak reformasi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru membuka pembelajaran tentang situasi politik menjelang jatuhnya Soeharto
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru memberikan tugas kepada siswa tentang kronologi jatuhnya pemerintahan Soeharto
• Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa.
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPA
• Buku sumber Sejarah SMA XII IPA
• Peta konsep
• Power point
• Buku-buku penunjang yang relevan
• Internet
F. Penilaian
• Penyebab lahirnya Reformasi di Indonesia
• 5 Upaya pemerintahan Habibie dalam bidang ekonomi
• Jelaskan kondisi sosial dan ekonomi setelah reformasi.
Mengetahui, Sape...............................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Adhamuddin HA.. Drs. Budiaman.
NIP. 19531207 197703 1 006 NIP. 19691224 1999403 1 005
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMAN 1 Sape
Program : Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi pada abad ke 20
Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta perubahan dunia Internasional setelah Perang Dunia II dan Perang Dingin
Indikator : - Menjelaskan Akhir dari Perang Dunia ke II
- Menjelaskan hubungan dekolonisasi di Asia dan Afrika
dengan transformasi politik dan sosial di berbagai
negara
- Menjelaskan perkembangan sistem ekonomi
internasional dengan perubahan politik dan ekonomi
Indonesia
- Menjelaskan Perkembangan politik dunia pada masa
Perang Dingin
- Menjelaskan hubungan antara pemerintahan komunis di
China, Perang Korea dan revolusi Kuba dengan
perluasan Perang Dingin Keluar Eropa
- Menjelaskan hubungan Perang Vietnam dengan
perkembangan politik di Asia Tenggara
- Hubungan perkembangan teknologi persenjataan dan
ruang angkasa dengan kondisi keamanan dunia pada
masa Perang Dingin
Alokasi Waktu : 6x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menganalisis perkembangan sejarah dunia dan posisi Indonesia di Tengah perubahan politik dan ekonomi Internasional setelah Perang Dunia sampai dengan berakhirnya Perang Dingin
B. Materi Pembelajaran
• Hubungan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan Perang Dunia II dan Perang Dingin
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru membuka pembelajaran
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru memberikan tugas kepada siswa tentang hubungan perkembangan ilmu pengetahuan dan dan teknologi dengan perang dunia II dan perang dingin
• Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa.
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPA
• Buku sumber Sejarah SMA XII IPA
• Peta konsep
• Power point
• Buku-buku penunjang yang relevan
• Internet
F. Penilaian
• Evaluasi pilihan ganda 10 nomor dalam buku Sejarah kelas XII SMA IPA
Mengetahui, Sape...............................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Adhamuddin HA.. Drs. Budiaman.
NIP. 19531207 197703 1 006 NIP. 19691224 1999403 1 005
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMAN 1 Sape
Program : Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan
teknologi pada abad ke 20
Kompetensi Dasar : 2.1. Menganalisis perkembangan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi di Indonesia
Indikator : - Menjelaskan proses revoluisi hijau dalam
meningkatkan produksi pertanian
- Menjelaskan dampak perkembangan sistem informasi,
komunikasi dan transportasi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
- Menjelaskan pengaruh industri pertanian dan non
pertanian terhadap perekonomian Indonesia
- Membandingkan manfaat dan dampak penerapan Iptek
bagi kelestarian lingkungan hidup
Alokasi Waktu : 4x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menganalisis perkembangan sejarah dunia dan posisi Indonesia di Tengah perubahan politik dan ekonomi Internasional setelah Perang Dunia sampai dengan berakhirnya Perang Dingin
B. Materi Pembelajaran
• Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru membuka pembelajaran
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru memberikan tugas kepada siswa tentang Revolusi Hijau, manfaat dan dampaknya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
• Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa.
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPA
• Buku sumber Sejarah SMA XII IPA
• Peta konsep
• Power point
• Buku-buku penunjang yang relevan
• Internet
F. Penilaian
• Evaluasi pilihan ganda 10 nomor dalam buku Sejarah kelas XII SMA IPA
Mengetahui, Sape...............................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Adhamuddin HA Drs. Budiaman.
NIP. 19531207 197703 1 006 NIP. 19691224 1999403 1 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar