Jumat, 14 Agustus 2009

SHOLAT SUNNAT 6 ROKAAT ABIS MAGHRIB

Banyak kalangan yang mungkin hanya tahu bahwa sholat sunnat yang menyertai sholat wajib ( Rawatib )hanyalah 2 rokaat sebelum isya’, 2 rokaat sesuadah isya’, 2 rokaat sebelum subuh, 2/4 rokaat sebelum dan sesudah dhuhur, 2/4 rokaat sebelum ashar, dan 2 rokaat sesudah maghrib.

Mungkin banyak pula yang belum tahu bahwa ada dalil yang menjelaskan tentang sholat sunnat 6 rokaat setelah maghrib, pahalanya sama dengan beribadah selama 12 tahun. Saya kutipkan hadistnya Ibni Majah jilid I halaman 369 berbunyi demikian : “Hadatsana Ali ibn Muhammad, tsanal abul husain al ukliyy, akhbaroni umar ibn abi khosy’am al yamamiyy, anba’ana yahya ibn abi katsir, an abi salamah ibn abdirrohman ibn auf, an abi hurairah , annanabiyya sollallohu alaihi wassallam qola : Man solla ba’dal magribi sitta roka’atin lam yatakllam bainahunna bisu’in udilna lahu bi’ibadati tsinta asyrota sanatan”.

Artinya kurang lebih seperti ini : Barang siapa yang sholat sunat 6 rokaat sehabis magrib dan tidak berbicara yang jelek dia antara 6 rokaat, membandingi pahalanya orang yang beribadah selama 12 tahun.

Untuk itu marilah kita berlomba2 untuk mengamalkan ibadah sunnah ini. Lebih2 sebentar lagi bulan romadhon, di mana seluruh amalan kita dilipatgandakan oleh Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar